Cara Menghitung BEP Usaha Restoran

BEP atau yang sering juga disebut sebagai break even point, adalah titik dimana modal produksi usaha dapat dikatakan seimbang. Jika, dibandingkan dengan tingkat pendapatan dan hasil penjualannya. Banyak orang yang masih bingung bagaimana cara menghitung BEP usaha restoran ini.

Hal ini karena para pengusaha tidak tahu besaran pasti dari hal-hal yang menjadi komponen BEP. Bahkan, beberapa pengusaha memilih untuk melewatkan saja perhitungan BEP ini. Padahal BEP termasuk aspek penting yang harus diketahui.

Dengan mengetahui BEP, para pengusaha bisa mengetahui seberapa banyak target penjualan yang harus ditentukan. Berikut adalah cara untuk menghitung BEP dari usaha restoran.

Info Lainnya : Cara Menghitung BEP Usaha dan Manfaatnya

Rumus Menghitung BEP Usaha Restoran

Untuk melakukan perhitungan BEP, para pengusaha bisa menerapkan rumus tetap. Rumus ini sudah menjadi standar bagi perhitungan dari BEP. Hasil perhitungan rumus ini akan memberitahu pengusaha. Berapa banyak BEP dari usaha restoran yang sedang dijalankan. Rumusnya adalah sebagai berikut :

BEP = Fixed Cost / Harga jual satu unit – variable cost.

Seperti yang bisa dilihat, bahwa perhitungan BEP ini melibatkan berbagai aspek. Berikut adalah penjelasan mengenai aspek-aspek yang dilibatkan dalam perhitungan BEP.

  • Fixed Cost yang bisa juga diartikan sebagai biaya tetap. Biaya ini adalah hal-hal yang biayanya tidak akan terpengaruh oleh kuantitas produksi yang dilakukan oleh restoran. Contoh dari hal-hal yang termasuk fixed cost adalah biaya sewa tempat, gaji pegawai, perawatan tempat, dan sebagainya.

  • Variable Cost merupakan kebalikan dari fixed cost. Aspek ini merupakan hal-hal yang dapat terpengaruh oleh tinggi rendahnya produk yang dihasilkan. Jika produk yang dibuat semakin banyak. Maka variable cost akan ikut naik juga nilainya.

  • Harga Jual Satu Unit seperti yang jelas tertulis, adalah harga satu unit atau dalam bisnis restoran. Harga satu porsi dari makanan yang dijual, harga ini adalah harga yang ditetapkan selama penjualan dilakukan.

Itulah cara menghitung BEP usaha restoran dengan penjelasan lengkap mengenai rumusnya. Menghitung BEP adalah hal yang sangat perlu dilakukan dalam melakukan usaha. Karena itu, jangan sampai melewatkannya.

Temukan artikel lainnya di blog https://www.bangizaltoy.com