Bansos Surabaya 2021: Link Daftar & Cek Penerima Bansos Online

tirto.id – Bantuan sosial (bansos) Surabaya periode 2021 mampu dicek secara online melalui website Dinas Sosial. Pendaftaran bansos juga bisa dilakukan online.

Link buat mengecek bansos melalui website https://dinassosial.surabaya.go.id/cek-bansos.

Portal cek bansos ini berisi data rakyat penerima donasi di wilayah Kota Surabaya. Untuk menerima fakta bansos Surabaya pada halaman tersebut, Anda hanya perlu memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Selanjutnya akan timbul identitas rakyat, status Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) & Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan lebih jelasnya intervensi bansos yg diterima.

Dengan adanya portal Cek Bansos Surabaya ini, wargatidak perlu lagi mendatangi Kantor Dinas Sosial Surabaya untuk mengecek apakah masuk ke pada daftar penerima bansos atau nir.

Bagi masyarakat yg belum mendapat bansos, Anda bisa mengajukan permohonan buat menerima bansos melalui RT, RW, lurah, & camat.Panduan Pengajuan Usulan Bansos Surabaya 2021

pemkot Surabaya juga menciptakan portal spesifik untu pengajuan bansos melalui https://usulbansos.surabaya.go.id/.

“Sekarang ini pemkot sudah membuka pengaduan melalui https://usulbansos.surabaya.go.id/. Silahkan panjenengan rakyat Surabaya mampu melaporkan diri sendiri,” istilah Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

“Silahkan melaporkan jika panjenengan semuanya melihat ada tetangga, ada rakyat Surabaya yg perlu dibantu, tolong dibantu dan dilaporkan melalui pelaksanaan ini.”

Website Layanan Pengajuan Usulan Penerima Bantuan Sosial (Bansos) merupakan portal yang digunakan oleh masyarakat untuk mengusulkan wargayang menerima donasi sosial.

Untuk mengajukan penerima bantuan, akses website https://usulbansos.surabaya.go.id/.

Selanjutnya pilih sajian Usul Bantuan. Selanjutnya akan diarahkan pada page form yang harus diisi buat Usulan Penerima Bantuan.

Jika seluruh data telah diisi secara lengkap, silahkan klik Kirim. Secara otomatis, usulan ini akan masuk ke dashboard kecamatan. Lalu 1×24 jam camat dan lurah akan melakukan verifikasi terhadap usulan yg masuk.

Dalam melakukan pembuktian itu, camat & lurah akan melihat seberapa pantas wargaini mendapat bansos karena verifikasinya melalui digital & lapangan.

Apabila dalam pembuktian itu ternyata wargatadi berhak mendapatkan donasi menurut Kemensos, maka wargatadi akan dimasukkan ke data MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah), dan akan diusulkan buat menerima donasi dari Kemensos.

Portal Usul Bansos Surabaya ini telah terintegrasi dengan data bansos Kemensos, JPS (Jaring Pengaman Sosial) dari Pemprov Jatim, Pemkot atau CSR dari Pemerintah Kota yang pernah diberikan.

Usulan bansos yang diterima adalah rakyat yg belum mendapat donasi. Misalnya wargabernama A itu diusulkan oleh tetangganya supaya mendapatkan bansos.

Tetapi secara sistem, Nomor Induk Kependudukan (NIK) si A tadi sudah tercatat masuk pada dalam data penerima bantuan dari provinsi, Kemensos atau Pemkot Surabaya. Maka, secara otomatis, sistem dalam aplikasi Usul Bansos akan menolak nama tadi.

Penulis: Yantina DeboraPenyelia: Iswara N Raditya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *