Mengenal Jenis-Jenis Hidangan Penutup (Dessert)

Dessert adalah beberapa jenis makanan ringan yang disajikan paling akhir atau sering juga kita menyebutnya dengan istilah makanan pencuci mulut. Dan biasanya makanan penutup ini disajikan dalam bentuk es krim, puding, atau soup manis. 

Dessert juga merupakan hidangan yang disuguhkan di paling akhir dalam susunan menu yang berfungsi sebagai makanan penutup atau pencuci mulut karena fungsinya memang untuk menghilangkan kesan dari rasa hidangan terdahulu.

Awalnya dessert hanya berupa buah-buahan segar namun seiring dengan perkembangan zaman dessert semakin banyak variannya berupa pie, cake, ice cream, dan lain sebagainya yang dipadukan dengan syrup, saus, cream sehingga membuatnya lebih menarik.

 

Bahan-bahan pembuatan Dessert adalah:

 

  1. Bahan Pokok contohnya adalah: Tepung beras, Cereals, Havermout, Agar-agar, Roti, Biskuit, Gelatin dan Buah-buahan segar.

  2. Bahan Cair contohnya: Air, Susu, yoghurt, dan Sari Buah

  3. Bahan Perasa contohnya: Karamel, gula, coklat, jam dan selai.

  4. Bahan Isian contohnya: Kismis, kacang kenari, potongan buah, sukade, jam dan marmalade.

  5. Bahan pengharum contohnya: Kulit jeruk, Vanili, brandy, essence dan rhum. 

  6. Bahan perapuh contohnya: Putih telur

  7. Bahan penghias contohnya: Cherry, gula halus, dan whipped cream.

 

Jenis-jenis Dessert adalah:

 

  1. Buah-buahan (Fruit) adalah bahan yang paling sering digunakan dalam pembuatan dessert karena simpel dan juga bisa dikombinasikan dengan bahan lainnya. Dessert bisa berupa potongan buah yang disusun menarik. Sementara untuk hidangan dessert yang berbahan dasar buah buahan bisa berupa juice, fruit cocktail, punch ataupun salad buah lengkap dengan syrup sebagai pendamping dessert. 

  2. Pudding adalah hidangan dessert yang memiliki rasa manis dan terbuat dari berbagai jenis agar-agar.

  3. Cake harus disesuaikan dengan cita rasa dan tekstur agar berpadu, contohnya brownies with chocolate sauce, black forest with strawberry sauce, fruit cake, dll. Dengan cara menambahkan fla, syrup, sauce, buah-buahan atau ice cream sebagai pelengkap (garnish).

  4. Pie biasanya yang digunakan sebagai filling atau isian adalah pastry cream, buah dan adonan sponge. Adapun beberapa contoh pie yang terkenal adalah  fruit pie, congress tart (pie yang diisi dengan adonan sponge) dan hot apple pie.

  5. Ice cream adalah dessert beku terkenal yang sangat digemari khususnya oleh anak-anak dan bisa ditemukan dimana saja. Ice cream ini bisa dikombinasikan dengan bahan lain seperti cake, coklat, syrup, buah-buahan. 

  6. Coupe adalah ice cream yang dikombinasikan dengan buah-buah segar dan dilengkapi dengan syrup sebagai topping. Contohnya seperti Coupe st Jaquese dan Coupe Romanoff.

  7. Split adalah hidangan yang terbuat dari pisang ambon yang dikupas dan dibelah menjadi 2 bagian, kemudiannya di tengahnya bisa di isi dengan potongan buah-buahan segar. Untuk bagian atasnya bisa diberi whipped cream, syrup, potongan strawberry, manisan cherry, kiwi dan buah-buahan lain. Contoh split yang terkenal adalah Pineapple split dan Banana split.

  8. Pancake atau crepes adalah makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu dan telur yang kemudian di dadar dalam wadah dengan api sedang. Perbedaan antara pancake dan crepes adalah tingkat kematangan  adonan saat pengangkatan, jadi pancake di angkat saat adonan belum sampai terlalu kering, sementara crepes diangkat ketika adonan sudah kering. Pancake ini biasanya disajikan untuk makanan penutup contohnya fresh fruit, whipped cream seperti misalnya devil pancake dan crepe suzette.

  9. Milkshake adalah hidangan penutup yang terbuat dari bahan ice cream yang dicampur dengan susu murni menggunakan blender. Contoh milkshake ini adalah  chocolate milkshake, strawberry milkshake.

Adapun Macam-macam Dessert adalah sebagai berikut :

 

  1. Hot Dessert adalah makanan penutup yang dihidangkan dalam kondisi panas contohnya: Souffles, Apple Pie, Banana Flambe.

  2. Cold Dessert adalah makanan penutup yang disajikan dalam kondisi dingin atau tanpa melalui proses pemanasan terlebih dahulu sebelum dihidangkan seperti misalnya pudding, ice cream, mousse, cake, fruit pie dan sebagainya. 

Contoh menu Dessert adalah :

  • Menu Dessert Indonesia contohnya: Martabak manis, pisang goreng, kue lapis, lapis legit, bika ambon, dan lain-lain

  • Menu Dessert Kontinental / Western contohnya: Tiramisu, Cheese Cake, BlackForest, Dorayaki dan lain-lain. 

Dessert atau hidangan penutup memang sangat penting terutama saat acara penting atau acara keluarga, sebagai pencuci mulut yang menyegarkan. Kesimpulannya dessert memiliki macam variasi dan anda bisa memilih atau belajar membuat sendiri hidangan dessert apa yang disukai.

Artikel ditulis oleh Genemil.